40 Fakta Mahasiswa UNEJ

Saat iseng-iseng browsing di tengah kesibukan saya berdiskusi dengan mahasiswa atau mengoreksi tugas makalah mahasiswa, saya menemukan informasi yang cukup menggelitik rasa ingin tahu saya. Ya, judulnya 40 fakta mahasiswa UNEJ yang saya baca dari blog we love unej . UNEJ yang lagi ngadain Festival Tegal Boto itu?? Awalnya saya berpikir ini pasti hal yang serius, misalnya : apa saja prestasi mahasiswa UNEJ atau justru sebaliknya, apa saja kenakalan mahasiswa UNEJ sehingga perlu diperbaiki. Setelah saya baca secara keseluruhan 40 hal tersebut (kurang kerjaan banget ya saya?) isinya membuat saya senyum-senyum sendiri kayak PNS di tanggal tua alias akhir bulan. Namun demikian, isinya ada yang serius juga. Tapi ya itu tadi, seriusnya tetep bikin senyum-senyum sendiri. Salut deh, buat penulisnya!! OK deh, daripada penasaran, simak ajah ya. Yang di bold itu komentar saya. 1. Mahasiswa baru biasanya menganggap Fakultas Kedokteran paling keren, seiring berjalannya waktu mereka tetap menganggap FK sebagai fakultas terkeren di UNEJ. ( padahal semua fakultas keren lho). Gimana dengan Fakultas Farmasi ya? Keren gak ya?
2. Mahasiswa UNEJ yang baru datang di UNEJ, pasti kagum waktu lewat double way dan lihat megahnya gedung rektorat.
3. Mahasiswa UNEJ yang lagi daftar ulang di PKM Pasti akan mendapatkan antrian yang sangat panjang, minimal 5 jam baru selesai daftar ulang. Tuh, Pak Rektor. Ini kritik dari anak bangsa, eh anak UNEJ lho….serius ini….
4. Mahasiswa UNEJ punya KTM dengan foto yang dapat dipastikan jelek, Dampak ngantri kelamaan waktu daftar ulang di PKM. Kasian deh Lu, he he he….
5. Tempat favorit untuk foto adalah Tulisan Universitas Jember dan patung tiga pendiri UNEJ  di double way.
6. Mahasiswa UNEJ kalo sakit langung pergi ke UMC ( UNEJ MEDICAL CENTRE ), karna disana diperiksa dan dikasih obat gratis. Hidup UMC!!
7. Mahasiswa UNEJ masih banyak yang gak hafal mars dan hymne Universitas Jember, yang hafal mungkin hanya yang ikut paduan suara fakultas saja.
8. Tempat Sholat Jum’at favorit adalah di masjid Fakultas Pertanian. Alasannya : karna cepet selesai. Betul itu, khotbah Bahasa Arab tanpa terjemahan. Mulai lebih awal, khotbah singkat, cepat selesai. 😛
9. Mahasiswa UNEJ biasanya memanfaatkan hari libur dengan jalan-jalan ke Papuma atau Rembangan, biasanya bareng-bareng dengan teman sekelas ataupun teman seorganisasi.
10. Kalau ada  teman dari asal dari daerah berkunjung, pasti diajak jalan-jalan ke alun-alun jember. makan lalapan, dan wedang corr.
11. Mahasiswa UNEJ yang rumahnya deket deket jember (Bondowoso,Banyuwangi,Lumajang) pasti selalu pulang tiap minggu.
12. Sedangkan Mahasiswa luar jawa, pasti hanya punya kesempatan pulang saat liburan panjang semester.
13. Stasiun Jember menjadi favorit bagi Mahasiswa UNEJ yang pulang kampung naik kereta, biasanya buru buru pesen tiket jam 5 pagi (biar dapet tiket tempat duduk).
14. Mahasiswa yang berasal dari daerah timur jember ( Banyuwangi ) mengandalkan pulang kampung melalui Terminal Pakusari. Sedangkan yang dari barat jember (Lumajang, pasuruan dll) biasanya pulang naik bis dari Terminal Tawang Alun.
15. Alat transportasi favorit untuk yang rumahnya jember adalah lin ( angkot ) dengan kode D atau K.
16. Bagi mahasiswa dari Banyuwangi, sarana pulang kampung paling murah adalah kereta api pandanwangi, dengan  tiket hanya 4000 rupiah.
17. Gelar Fakultas terpojok dimiliki oleh Fakultas Sastra, Hukum, dan Teknik.
18. Masih banyak yang belum tahu tentang kepanjangan dari PSSI UNEJ, mereka mengira bahwa PSSI adalah Persatuaan Sepak Bola Indonesia, padahal PSSI adalah Program Studi Sistem Informasi yang baru dibuka tahun 2009 lalu. Nah, ini serius tapi lucu juga kalo dipikir…
19. Saat akan memilih MKU, pasti Mahasiswa akan bertanya pada kakak angkatan, dosen mana yang jarang ngasih tugas dan enak ngasih nilai. Hmmm….sayang sekali saya bukan dosen MKU. Kalo saya dosen MKU, wani piro kalo tuntutannya begitu…he he he…
20. Mahasiswa UNEJ pasti pernah menjalani MKU di ruang perpustakaan lama dan gedung perpustakaan baru.
21. Saat MKU ( Mata Kuliah Umum ) biasanya dijadikan sebagai ajang cari jodoh, karna bisa bertemu mahasiswa dari fakultas lain.
22. Mahasiswa UNEJ kalo mau nonton bioskop Cuma ada 1 pilihan, yaitu bioskop kusuma ( sekarang berganti NSC ). Kayak lagu Metallica: Sad but true.
23. Semua Mahasiswa UNEJ pasti pernah nge-net di UPT-TI, karna selain akses internet tercepat, juga dijadikan ajang cuci mata.
24. Mahasiswa UNEJ memanfaatkan wifi kampus buat download dan main game online. Menghabiskan waktu sampai malam dan sampai diusir satpam. Kalo nge-game ya di warnet dong (modal dikit kenapa?), kalo pacaran ya jangan di tempat-tempat yang ada Satpamnya (he he he….)
25. Mahasiswa UNEJ kalo mau ada kuis dari dosen, pasti terlebih dahulu mencari informasi ke kelas yang udah kuis duluan.
26. Makanan yang paling populer di sekitar kampus adalah : LALAPAN + AYAM CRISPY , hanya 5000 dan tersedia di sepanjang jalan jawa dan kalimantan. Setuju banget, saya sih asik-asik ajah. Gak pake jaim-jaiman lah….
27. Mahasiswa UNEJ suka memberi julukan kepada penjual makanan langganannya, nama yang paling populer adalah pak jahat, warung makanan di jalan riau dan bu jahat di jalan kalimantan.
28. Tukang makanan yang paling sering dijumpai di lingkungan UNEJ adalah Roti goreng, cilok dan es doger, wilayah mangkal mereka adalah di depan tiap tiap fakultas dan juga berkeliling di dalam daerah kampus. Cilok juga disukai karyawan loh….dosen juga sih (bukan saya)
29. Mahasiswa UNEJ pasti pernah seenggaknya satu kali masuk stadion UNEJ, yaitu saat pertama kali PK2 (Pengenalan Kehidupan Kampus). Mungkin panitia kepingin mahasiswa UNEJ ada yg jadi pemain bola profesional….
30. Banyak mahasiswa UNEJ yang belum tahu dimana lapangan tenis yang dimiliki UNEJ.
31. Mahasiswa UNEJ jarang sekali membuka SIAM, Mahasiswa membuka SIAM hanya saat melihat IP dan pada masa KRS.
32. Mahasiswa UNEJ pasti memimpikan pesta pernikahannya digelar  di gedung KAUJE.
33. Rute favorit untuk lari pagi dan sore adalah : double way – muter di lapangan depan PSSI – lewat upt-ti – balik ke double way.
34. Mahasiswa UNEJ itu ngerasa keren kalo pake jaket almamater, rasanya pengen banget keliling jember buat pamer almamater. Meskipun statusnya MA (Mahasiswa Abadi) ato APT kalo di Farmasi,bukan Apoteker tapi Angkatan Paling Tua…..
35. Mahasiswa UNEJ itu kalo pagi-pagi banyak antri di tempat fotokopian atau tempat ngeprint.(yang paling ramai biasanya di SEP kalimantan,jalan jawa,mastrip). Peluang bisnis tuh, bagi sarjana UNEJ yg belum dapat job yang diimpikan….
36. Mahasiswa UNEJ itu sudah terbiasa dengan kambing kambing milik warga yang berkeliaran bebas di area kampus. Kambingnya pingin kuliah mungkin, di Farmasi pernah juga sih disambangi kambing-kambing tersebut….
37. Mahasiswa UNEJ itu kalau nginep di kosan temen biasanya belajar 10 %, sisanya ngerumpi dan main. Nah….ketahuan tuh
38. Mahasiswa UNEJ itu paling benci kuliah jam 7 pagi. Saya juga, tau!!
39. Mahasiswa UNEJ paling suka bikin group baru di facebook, setiap ada mata kuliah atau kegiatan baru pasti di bikin groupnya. Katanya sih biar lebih terorganisir,….ato bikin bikin lapak ngerumpi yang baru yah? 😀
40. Mahasiswa UNEJ itu sebenarnya manusia biasa (juga mahasiswa biasa). Jangan berkecil hati, ayo berprestasi dong!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *