Kontrol Kualitas Simplisia

Kontrol kualitas simplisia penting dilakukan untuk menjamin keajegan kualitas dan efikasi sediaan fitofarmasi, mengingat simplisia adalah bahan baku sediaan fitofarmasi. Simplisia tersebut nantinya dapat diekstraksi dengan pelarut tertentu untuk menghasilkan ekstrak, yang juga bahan baku sediaan fitofarmasi. Oleh karenanya, mengontrol kualitas simplisia harus dilakukan untuk menghasilkan sediaan fitofarmasi yang berkualitas dan memiliki efikasi yang dikehendaki.

WHO telah memberikan panduan untuk kontrol kualitas simplisia, yakni WHO Quality control methods for medicinal plant materials, yang bisa anda unduh di sini. Secara garis besar isinya telah saya sampaikan di kuliah, yang bisa anda unduh di tautan berikut:

Kontrol kualitas simplisia

Selain itu, WHO juga menyediakan panduan kontrol kualitas yang lebih baru, anda bisa Quality control methods for herbal materials, tahun 2011. Anda dapat mereview dan mengunduhnya di sini. Meski tidak akan saya keluarkan di UTS, tidak ada salahnya anda membaca panduan tersebut di waktu luang, untuk menambah pengetahuan anda. OK, selamat belajar dan good luck!!